GURU SEBAGAI PENDIDIK DAN PEMBIMBING

GURU SEBAGAI PENDIDIK DAN PEMBIMBING

A. Pendahuluan

Kata guru berasal dalam bahasa Indonesia yang berarti orang yang mengajar, dalam bahasa Inggris, dijumpai kata teacher tentang artinya pengajar, selain itu juga terdapat kata tutor yang berarti guru pribadi yang mengajar di rumah, mengajar ekstra, yang memberikan les tambahan pelajaran. Etika guru itu adalah tingkah laku guru dalam mendidik anak muridnya, yang mana seorang guru harus terampil terhadap murid-murid, karena bagaimanapun juga mendidik pekerjaan yang tidak mudah, karena mendidik anak didik itu tidak semudah membalikkan telapak tangan karena guru selain memberikan yang terbaik untuk anak didiknya, seorang guru pun dalam menyikapi satu hal, adalah masalah dengan baik dalam mendidik, maka guru harus benar-benar bisa menyikapi dengan baik, karena tingkah laku adalah etika seorang guru sangat berperan sekali.

Guru selain memberikan bimbingan, arahan dan ajaran kepada anak didiknya, guru juga sebagai contoh yang baik, karena anak didik posisinya sebagai penerima bimbingan, arahan dan ajaran yang disampaikan oleh guru, karena dalam proses interaksi ini guru sebagai pelaku utama kegiatan pendidik, karena itu guru memerlukan persiapan, baik dari segi penguasaan materi, terhadap ilmu yang diajarkan kepada anak didik, seorang guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan tersebut secara efisien dan tepat sasaran kepada anak didik yang bervariasi dan kepribadian yang berbeda-beda dalam di kehidupannya.

B. Guru Adalah Orang Tua Profesional

Didalam pendidikan dikenal ada beberapa pendidik yang berperan aktif dalam hal membimbing anak dari agar menuju anak yang sholeh dan cerdas akademisinya serta baik kehidupan moral dan sosialnya. Dari lembaga informal dewasa ini meyakini bahwa orang tua kandung merupakan pendidik alamiah, orang tua yang dilihat dari faktor biologisnya sedangkan guru adalah orang tua professional dimana ia ada pada lembaga formal atau sekolah. Dan dalam lembaga nonformal pendidikan itu ada pada lingkungan masyarakat. John Lock menyatakan bahwa seorang anak terlahir seperti kertas putih yang belum tertulisi apapun dan lingkungan dan bimbingan yang menjadikan anak tersebut “hitam” atau “putih.

C. Guru Sebagai Pendidik dan Pembimbing

Sebagai pembimbing, guru bisa menjadi sosok yang baik dimata anak didiknya. Guru berakhlak mulia agar bisa menjadi teladan bagi anak didik serta menjadi penuntun yang baik.

Guru yang ideal dijabarkan adalah sebagai berikut :

a. Memiliki Kompetensi Kepribadian

Yaitu kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia, dengan indikator :

· Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil.

· Memiliki kepribadian yang dewasa.

· Memiliki kepribadian yang arif.

· Memiliki kepribadian yang berwibawa.

· Memiliki akhlak mulia dan dapat menjadi teladan.

b. Memiliki Kompetensi Pedagogik

Yaitu kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis, dengan indikator sebagai berikut :

· Memahami peserta didik.

· Merancang pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran.

· Melaksanakan pembelajaran.

· Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran.

· Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

c. Memiliki Kompetensi Profesional

Merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru. Indikatornya adalah :

· Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi.

· Menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan/materi bidang studi.

d. Memiliki Kompetensi Sosial

yaitu berkenaan dengan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar, dengan indikator :

· Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik.

· Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan.

· Mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

Dari penjabaran diatas sebagai guru mempunyai peranan yang penting dalam rangka menyiapkan generasi baru yang baik dan optimal. Secara akademisi, moral tingkah laku, serta sosial. Namun, berat peran guru bahwa mewujudkan satu persatu tersebut susah dan berat.

Guru memang merupakan komponen determinan dalam penyelenggaraan pengembangan SDM dan menempati posisi kunci dalam Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Dampak kualitas kemampuan profesional dan kinerja guru bukan hanya akan berkontribusi terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan (output) melainkan juga akan berlanjut pada kualitas kinerja dan jasa para lulusan tersebut (outcome) dalam pembangunan, yang pada gilirannya kemudian akan nampak pengaruhnya terhadap kualitas peradaban dan martabat hidup masyarakat, bangsa serta umat manusia pada umumnya.

Begitu strategis dan pentingnya posisi guru dalam pendidikan, maka tuntutan terhadap guru yang berkualitas dan ideal merupakan suatu keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Persoalannya, untuk mendapatkan guru yang ideal dan berkualitas sudah barang tentu mustahil dapat terjadi dengan sendirinya, melainkan harus diupayakan penyiapan dan pengembangannya secara terus-menerus, terencana dan berkesinambungan. Upaya pengembangan itu memang merupakan suatu keharusan, mengingat tuntutan standar kualitas serta kebutuhan di lapangan juga terus-menerus mengalami perubahan dan perkembangan seiring dengan pesatnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi di era global ini.

Guru merupakan titik sentral dari peningkatan kualitas pendidikan yang bertumpu pada kualitas proses belajar mengajar. Guru yang ideal tidak hanya menguasai bidang ilmu, bahan ajar, menguasai metode yang tepat, mampu memotivasi peserta didik, memiliki keterampilan yang tinggi dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan. Guru yang ideal juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang hakekat manusia, dan masyarakat. Hakikat-hakikat ini akan melandasi pola pikir dan pola kerja guru dan loyalitasnya kepada profesi pendidikan. Juga dalam implementasi proses belajar mengajar guru harus mampu mengembangkan budaya organisasi kelas, dan iklim organisasi pengajaran yang bermakna, kreatif dan dinamis bergairah, dialogis sehingga menyenangkan bagi peserta didik sesuai dengan tuntutan UU Sisdiknas (UU No 20 / 2003 Pasal 40 ayat 2a).

Esensi Pendidikan

Pendidikan adalah proses transfer nilai, pandangan hidup yang paling mendasar (aqidah), pemahaman-pemahaman hidup, dan berbagai pengetahuan yang menambah kesadaran peserta didik akan pandangan dan pemahamannya akan kehidupan (mafahim anil hayah) sehingga dia mampu mengambil jalan hidup yang benar, serta menambah kesadarannya tentang berbagai pemahamannya tentang benda-benda dan sarana-sarana hidup (mafahim anil asya) sehingga dia dapat meniti kehidupannya dengan benar.

Dengan demikian dalam perspektif Islam, pendidikan adalah transfer nilai-nilai Islam yang bersumber dari Al Quran dan As Sunnah, pandangan hidup Islam atau aqidah Islamiyah (keimanan), dan berbagai pengetahuan Islam (al ma’arif al Islamiyah) seperti tafsir, ulumul Qur’an, riwayat-riwayat hadits-hadits Nabi saw., ulumul hadits, fiqh, ushul fiqh, bahasa Arab, ilmu nahwu, ilmu shorof, siroh Nabi saw, dan lain-lain yang mempertebal pemahman para peserta didik sehingga tidak ada ide Islam yang lolos dari format pikirannya yang diharapkan juga menjadi pengendali tingkah lakunya. Selain itu, perlu berbagai ilmu pengetahuan dan serta ketrampilan teknologi untuk menambah kemampuan para lulusannya menjalani hidup dengan tetap berpegang kepada aqidah dan pemahaman hidupnya (mafahim anil hayah).

Diharapkan dengan proses pendidikan Islam, para peserta didik dapat ditingkatkan optimalisasi akal budinya sehingga mereka dapat mensyukuri nikmat Allah berupa pancaindera serta kalbu yang dimilikinya (lihat QS. An Nahl 78) dan tidak terjatuh ke dalam derajat yang lebih rendah dari binatang ternak. Allah SWT memperingatkan kita dengan firman-Nya:

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.(QS. Al A’raf 179).

D. Kesimpulan

Bahwa sebagai pendidik dan pembimbing itu adalah harus didasari rasa kasih dan sayang. Agar anak didik nyaman dalam menjalankan tugasnya sebagai generasi muda yang menjadi tulang punggung bangsa. Dan tugas guru tidaklah ringan dalam merealisasikan hal tersebut.

E. Saran

Tujuan pendidikan Islam adalah membekali akal dengan pemikiran dan ide-ide yang sehat, baik itu mengenai aqidah dan cabang-cabangnya maupun hukum-hukum, baik yang pokok maupun yang cabang. Islam telah mendorong agar manusia menuntut ilmu dan membekalinya dengan pengetahuan. Maka, sebagai guru harus mempunyai keimanan dan ibadah yang kuat untuk mendasari apa yang sedang dijalankan, membentuk manusia yang baik semata-mata karena mengharap ridhoNya. Guru tidak hanya sebagai panutan akademisi tapi juga harus mempunyai cerminan moral dan social yang baik.


DAFTAR PUSTAKA

Dr. Soelaeman. 1985. Menjadi Guru (Suatu Pengantar kepada Dunia Guru). Bandung : CV. Diponegoro

Sumber : http://www.fathurin-zen.com

http://www.4skripsi.com/skripsi-pendidikan/etika-guru-dalam-perspektif-islam.html#ixzz1w8SM9Cc7






Tidak ada komentar: