15 HANTU INDONESIA ala WIKIPEDIA

Situs Wikipedia mencatat sedikitnya ada 15 jenis hantu yang dikenal dalam mitos orang Indonesia. Selain ke-15 tersebut, ada dua lagi jenis hantu yang luput tercatat: suster ngesot dan begu ganjang. Yang terakhir adalah hantu peliharaan yang dipercaya oleh banyak orang Batak hingga kini. Selama puluhan tahun pers sering memberitakan di berbagai daerah di Sumut tentang begu ganjang; umumnya orang yang dituduh memelihara begu ganjang akan diusir dari kampungnya, dan bahkan dihakimi oleh massa.
Blog Berita menulis satu berita tahun lalu, di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Tobasa, warga pernah mencurigai seorang kakek sebagai pemelihara begu ganjang. Warga memanggil dukun anti-begu dari luar kota untuk membuktikan tudingan mereka, tapi eksekusi supranatural itu tidak jadi terlaksana karena si kakek tidak mau dipertemukan dengan dukun.
Berikut macam-macam hantu ala Indonesia yang dimuat Wikipedia:
Kuntilanak
Sundel bolong
Tuyul
Pocong
Genderuwo
Kemangmang
Wewe
Orang bunian
Siluman
Leyak
Rangda
Jin
Jenglot
Babi ngepet
Ipri
Beberapa dari jenis hantu ini telah difilmkan dalam berbagai versi, baik di layar tivi maupun bioskop. Mulai kuntilanak, sundel bolong, tuyul, pocong, siluman, hingga kisah-kisah jin. Tidak hanya Indonesia, negara Malaysia pun beberapa kali bikin film kuntilanak, yang menurut istilah di sana disebut sebagai pontianak.
Film Indonesia tentang kuntilanak
Terowongan Casablanca (Kuntilanak Merah) (2007)
Kuntilanak (2006), karya Rizal Mantovani
Kuntilanak (1962), dibintangi oleh Ateng
Film Malaysia tentang kuntilanak alias pontianak
Pontianak Gua Musang
Anak Pontianak (1958)
Pontianak Kembali (1963)
Pontianak Harum Sundal Malam (2004)
Pontianak Harum Sundal Malam 2 (2005)

Tidak ada komentar: