Cara Mudah Melakukan Update Mozilla Firefox

cara mudah mengecek dan melakukan update Mozilla Firefox
Pada dasarnya, browser Mozilla Firefox memiliki fitur automatic updates, sehingga jika komputer atau laptop sobat tersambung dengan koneksi internet maka Firefox secara otomatis mengecek apakah ada update versi terbaru atau tidak. Bahkan fitur ini juga berlaku untuk add-ons yang ter-instal pada browser Mozilla Firefox sobat.

Oiya, sekedar menginfokan kembali, bahwa Update Mozilla Firefox 4 telah dirilis, dengan kecepatan 6x lebih cepat dari versi sebelumnya (Firefox 3.6). Jika sobat belum update browser sobat, kasian deh lu, hehe… Edutechnolife pernah posting sebelumnya tentang versi terbaru mozilla firefox 4. Untuk membaca review dan sekaligus mendownload mozilla firefox 4.

Kembali ke… laptop. Sekarang penulis ingin berbagi sedikit tips ringan untuk melakukan updating mozilla firefox sobat. Pentingkah? Tentu saja penting dan sangat menghemat waktu. Karena dengan ini, sobat tidak perlu melakukan proses installing, serta sobat tidak akan kehilangan berbagai cookies penting, preferensi firefox, berbagai bookmark serta add-ons yang telah terpasang pada firefox sobat sebelumnya. Berikut adalah dua options yang berhubungan dengan topik kita di atas.

Update Otomatis Mozilla Firefox

Secara default, fitur update otomatis firefox akan selalu aktif, jika sobat belum merubah pengaturannya. Dengan asumsi bahwa fitur masih aktif pada browser Mozilla Firefox sobat, maka fitur ini akan:

Firefox akan mengecek dan mendownload otomatis dengan mode ‘di belakang layar’ (processing in the background) tanpa mengganggu aktivitas internet sobat. Namun yang diupdate secara otomatis oleh fitur ini adalah update minor. Misalnya ada update Mozilla Firefox 3.6.5, dengan catatan sobat sedang menggunakan Mozilla Firefox 3.6. Atau berupa perbaikan bug dan hal-hal kecil lainnya. Dan tidak berlaku jika terdapat update mayor seperti halnya terdapat update Mozilla Firefox 5.0.
Jika proses update telah berlalu selama lebih dari 24 jam, maka saat sobat tersambung dengan internet dan membuka browser Firefox, maka akan muncul notifikasi seperti ini:

update mozilla firefox otomatis

Simpel bukan, dan terkadang kita tidak sadar jika Mozilla telah melakukan update pada browser firefox kita.

Mengecek dan Meng-Update Mozilla Firefox Secara Manual

Setiap saat, sobat bisa mengecek update terbaru Mozilla Firefox melalui browser sobat. Dengan fitur manual ini, Firefox akan mengecek update minor dan mayor pada Firefox sobat. Pokoknya segala jenis update deh.

Langkahnya sangat sederhana:
1. Pada bagian paling atas browser, pilih Help dan kemudian pilih Check for Updates… Maka jendela Software Updates akan muncul.

mengecek update mozilla firefox
2. Apabila terdapat update mayor Mozilla Firefox, maka akan muncul jendela seperti di bawah ini:

cara update mozilla firefox
3. Jika terdapat update minor, klik pada tombol Get Updates. Namun jika tersedia update mayor, langsung saja klik Get the New Version melanjutkan. Apabila tidak ada update, ya langsung tutup aja sob, klik Finish, hehe…
4. Setelah proses update telah siap untuk diinstal, maka sobat harus merestart browser agar proses updating dan installing bisa berjalan.

update mozilla firefox terbaru
5. Selesai…

Sangat sederhana bukan? Bahkan kita tidak perlu kehilangan daftar bookmark dan add-ons favorit kita yang telah terpasang sebelumnya. Terdapat sedikit perbadaan pada Mozilla Firefox 4 untuk melakukan langkah2 seperti di atas, namun perbedaannya hanya terletak pada tampilannya saja. Jadi sobat tidak akan kebingungan untuk melakukan langkah-langkan di atas. Yang membingungkan adalah jika sobat melakukan langkah-langkah di atas tanpa menggunakan browser Mozilla Firefox. Pasti ga’ nyambung, hehe.. Just Kidding.

Semoga artikel cara mudah mengecek dan melakukan update Mozilla Firefox di atas bisa bermanfaat. See’ya in another post…

Tidak ada komentar: